Kamis, 09 Juli 2009

pop music


Saat ini, aliran musik pop, rock, hip-hop, metal, R&B dan electronica dari Norwegia lebih populer dari tahun-tahun sebelumnya. Band dan artis seperti Röyksopp, Turbonegro, Serena Maneesh, Sissel, Annie, Madrugada dan Jaga Jazzist merupakan nama-nama terkenal di peta musik populer Norwegia. Dengan banyaknya jumlah band-band aktif lainnya dan perusahaan rekaman, maka akan lebih banyak hal terjadi di dalam peta musik populer Norwegia dibanding sebelumnya.

Norway memiliki peta musik rock yang besar dan aktif. Band yang menawarkan suara keras, seperti Kaizers Orchestra, Big Bang, Madrugada, Amulet, Serena Maneesh, Motorpsycho, Animal Alpha dan JR Ewing menempati posisi solid di Norway dan menjadi makin terkenal di luar negeri dengan kegiatan tur dengan sukses. Artis dengan musik yang lebih halus seperti St. Thomas,Thomas Sybdahl dan Ane Brun, serta kelompok band seperti Washington, Minor Majority, Salvatore dan White Birch, yang kesemuanya dipuji oleh kritikus musik luar negeri karena mereka ekspresif.

Musik pop Norwegia membanggakan diri karena memiliki sejumlah penulis lagu dan musikus dengan talenta tinggi, termasuk Bertine Zetlitz, Sondre Lerche Maria Mena dan Ephemera. Para artis muda yang menjanjikan adalah Marion Ravn, sebelumnya merupakan salah satu anggota duet M2M, dan saat ini menjadi penyanyi solo dan telah menandatangi kontrak internasional. Sementara anggota M2M lainnya, Marit Larsen juga berencana mengembangkan karir yang sukses. Sementara mantan personil kelompok musik a-ha masih unjuk gigi setelah hampir 20 tahun melalukan terobosan internasional, dan menikmati sukses dalam hal catatan penjualan dan pertunjukan langsung. Artis favorit Norwegia lainnya adalah Sissel, yang saat ini sedang berkonsentrasi untuk meningkatkan jumlah penonton internasional, dengan fokus utama ke pasar Amerika Serikat.

Peta musik electronica didominasi oleh nama besar diantara ekspor musik Norwegia: Röyksopp. Namun, Tromsø /Bergen tidak sendiri dalam menghasilkan musik electronica organic yang melodis dan hangat. Artis seperti Jagga Jazzist, Xploding Plastix, Ralph Myerz dan Jack Herren Band, Lindstrøm and Prins Thomas, Datarock, Flunk, Bermuda Triangle, Supersilent, Frost, Sternklang serta Bjørn Torske telah menghasilkan banyak rekaman dan menggelar pertunjukan secara berkala.
Hip-hop di Norwegia memiliki karakteristik bahasa Norwegia yang kuat, dengan nama-nama seperti Tungtvann, Klovner i Kamp dan Karpe Diem, serta pendatang baru yang mengambil inspirasi langsung dari pesisir pantai Timur Amerika dan termasuk didalamnya adalah Equicez, Paperboys, Warlocks dan Tee Productions.

Sejak dulu, aliran musik metal telah menjadi jenis musik terbesar yang diekspor. Band seperti Satyricon, Red Harvest, Dimmu Borgir, Enslaved dan Mayhem memiliki penggemar yang setia baik di Norway maupun di luar negeri, dan kalangan pers musik internasional menganggap kelompok band metal Nowergia sebagai salah satu yang terbaik.

Musik country/musik rakyat Norwegia juga menggetarkan, dengan pendapatan yang mengagumkan, festival terkenal dan penggemar setia. Artis berbahasa Norwegia seperti Henning Kvitnes dan Jonas Fjeld merupakan artis paling sukses di Norway, dengan angka penjualan rekaman yang tinggi serta kegiatan konser yang padat. Artis terkenal lainnya dalam jenis musik ini adalah Home Groan, International Tussler Society dan HGH.

Perusahaan rekaman dan studio seperti Stargate di Trondheim dan Waterfall di Oslo telah membangun reputasi solid di dalam peta musik R&B internasional. Meramu, membuat dan menulis lagu untuk artis-artis internasional dan artis R&B Norwegia yang terkenal seperti Mira Craig, Samsaya dan Sofian telah menciptakan komunitas yang bersemangat dan aktif, yang diakui di luar Norwegia.

Penampilan perusahaan rekaman baru dan independen juga telah memperkuat posisi Norwegia di peta musik pop. Nama-nama seperti Tellè Records, Smalltown Supersound, Racing Junior, Black Balloon Records, Moonfog, dBut Records, Beatservice, Rune Grammofon dan Trust Me telah menjadi pemasok penting band-band baru yang energik yang telah membuat mereka terkenal di dalam maupun luar negeri. Nama-nama baru tersebut sangat berfokus pada kegiatan ekspor, dan telah berhasil membangun jaringan kerja sama internasional yang solid.

Music Myspace Comments
MyNiceSpace.com

0 komentar:

Posting Komentar

ranz fav

ranz fav
ketika itu ??